Minggu, 01 April 2018

PRODI TADRIS FISIKA BERBENAH MENGHADAPI AKREDITASI PRODI TAHUN 2018

Bahtiar (Kaprodi Tadris Fisika)
         Prodi tadris fisika telah berdiri 3 tahun yang lalu, sesuai SK Dirjen Pendidikan Islam nomor 1265 tahun 2015, di tetapkan di Jakarta, pada tanggal 2 Maret 2015. Di awal pembukaan Alhamdulillah, jumlah mahasiswa 60 orang (angkatan I), 30 Orang (angkatan II), dan 40 orang (angkatan III). Mulai tahun 2018, akreditasi sudah online, atau dikenal dengan SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Untuk menghadapi akreditasi berbasis online ini, prodi tadris fisika, sudah membentuk Tim Penyusun Borang Prodi yang tim penyusunnya adalah dosen prodi tadris fisika sebanyak 15 orang.  
Akreditasi prodi berbasis online masih menyusun menggunakan 7 standar mutu yaitu: Standar 1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian; Standar 2. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Dan Penjaminan Mutu; Standar 3. Mahasiswa dan Lulusan; Standar 4. Sumber Daya Manusia; Standar 5. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; Standar 6. Pembiayaan, Sarana Dan Prasarana, Serta Sistem Informasi; Standar 7. Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama.
Adapun kelengkapan dokumen untuk pengajuan akreditasi program studi (S1) tadris fisika berbasis Online adalah sebagai berikut. (a) Surat Pengantar dari Pimpinan Institusi; (b) Surat Pernyataan; (c) Buku IIIA (Borang Program Studi); (d) Lampiran Borang Program Studi (hanya yang diwajibkan dalam Buku IIIA); (e) Buku IIIB (Borang Unit Pengelola Program Studi); (f) Lampiran Borang Unit Pengelola Program Studi (hanya yang diwajibkan dalam Buku IIIB); (g) Evaluasi Diri; dan (h) Borang Data Kuantitatif (sesuai template BAN-PT).
Berkaitan dengan kelengkapan dokumen akreditasi di atas, Tim Penyusun Borang Akreditasi telah bekerja keras menyusun narasi 7 standar mutu pada borang, sekarang masih berbenah untuk melengkapi bukti fisik dari 7 standar mutu pada borang tersebut. Kalau sudah rampung sesuai rencana borang Insya Allah, Tim akan kirim sekitar Bulan Mei 2018, yaitu 6 bulan sebelum TIM BAN PT Visitasi.  #Bahtiar#

Tidak ada komentar: